Tanggung Jawab Sosial PT Djarum

Siapa yang tidak kenal PT.DJARUM ??

Hampir semua acara pagelaran olahraga dan musik serta acara lain selalu bisa kita temui sponsornya PT.DJARUM. semua juga tahu kalo perusahaan Djarum itu adalah sebuah pabrik rokok yang terkenal di Indonesia. Mereka selalu berpartisipasi untuk acara-acara besar,walaupun kita tahu itu sebuah pabrik rokok yang bisa menghancurkan badan kita kalau menghisap rokok.

Berulang dari sejarah PT Djarum itu sendiri adalah sebuah perusahaan perseorangan karna didirikan oleh seorang Oei Wie Gwan. PT. Djarum memiliki, 5 nilai-nilai inti dalam pengembangan perusahan. Nilai-nilai itu adalah Fokus pada pelanggan, Profesionlisme, Organisasi yang terus belajar, Satu Keluarga, Tanggung Jawab Sosial.

Di tulisan ini kita akan membahas sedikit tentang tanggung jawab sosial dari sebuah perusahaan besar yaitu perusahaan PT.Djarum. Mungkin dari sebuah perusahaan besar seperti Djarum ini memiliki konsekuensi yang tinggi untuk karyawannya,bisa sewaktu-waktu kita naik dan bisa sewaktu-waktu kita dikeluarkan dari perusahaan itu,karena perusahaan PT.Djarum itu sendiri merupakan perusahaan swasta. Tapi terlepas dari itu semua PT.Djarum sangat menghargai pelanggan karena pelanggan itu kunci keberhasilan dari sebuah perusahaan. PT.Djarum sendiri juga sangat merangkul dengan baik untuk para pelanggannya dengan memberikan dana kepada beberapa pelanggan untuk memasarkan produknya.

Setelah memuaskan para pelanggannya dengan baik,pihak perusahaan besar seperti PT.Djarum sangat memiliki tanggungn jawab sosial yang tinggi untuk karyawannya maupun untuk masyarakat umum. Apalagi sebuah perusahaan selain tergantung dari pelayanan untuk pelanggan,perusahaan juga harus bisa melayani karyawannya dengan baik,tanpa ada karyawan yang bekerja untuk perusahaan tersebut tidak akan bisa berjalan dengan baik. Untuk karyawan, PT.Djarum sendiri sangat memperhatikan karyawannya dengan memberikan jaminan sosial berupa jaminan kesehatan,hadiah tahunan, tunjangan, jaminan kecelakan,jaminan pensiun. Bukan hanya kepada karyawannya saja tapi PT.Djarum juga memberikan beasiswa pendidikan pada anak-anak karyawannya sehingga dapat melanjutkan pendidikannya dengan baik. Tanggung Jawab Sosial yang diberikan PT.Djarum tidak hanya pada karyawannya tetapi juga pada masyarakat umum. Tidak hanya untuk pendidikan beasiswa saja dari segi olahraga dan lingkungan juga PT.Djarum sangat memperhatikan itu.Untuk melaksanakan tanggung jawab ini PT.Djarum melakukan Coorporate Social Responbility (CSR), yang sangat jelas saat ini khususnya bidang olahraga bulutangkis yaitu PT.Djarum memberikan dananya 30 Milliar dalam pembangunan lapangan bulutangkis, GOR PT.Djarum Bakti Bangsa, yang digunakan untuk merekrut para pemain bulutangkis yang handal berkelas dunia. Dalam bidang lingkungan PT.Djarum memberikan secara cuma-cuma pohon-pohon untuk penghijauan. Sedangkan dibidang olahraga lainnya seperti sepak bola dengan memberikan sponsor,PT.Djarum juga membuat kompetisi untuk liga sepak bola Indonesia. Tidak hanya olahraga tapi untuk seni musik sangat diperhatikan demgan menggelar acara konser-konser untuk wadah para band dan penikmat musik.
Dengan dua nilai tersebut seperti kepuasan pelanggan dan tanggung jawab sosial membuat PT.Djarum semakin memantapkan perjalanannya dalam industri rokok murni pribumi, tanpa tersentuh oleh aset-aset asing.

Sumber : http://calon-pengusaha.blogspot.com/2010/09/profil-pt-djarum.html

0 Responses

Posting Komentar

abcs