Implementasi Perusahaan Marketing Mix 4P

Sebuah perusahaan tentu memiliki pemasaran yang berbeda-beda ada yang dilakukan online maupun offline. Suatu pemasaran marketing itu sangat diperlukan oleh sebuah perusahaan apalagi itu sebuah perusahaaan yang besar guna untuk memasarkan produk serta menginformasikan semua yang ada di perusahaan itu pada masyarakat dan meningkatkan omset dari perusahaan itu tersebut.

Kali ini kita membahas tentang konsep marketing mix 4P. Konsep marketing mix 4P itu merupakan salah satu konsep dalam pemasaran yang modern sekarang ini, dimana konsep maketing ini salah satu kegiatan pemasaran yang sangat menentukan keberhasilan dari sebuah perusahaan tersebut demi omset atau profit yang maksimal.

Marketing mix 4P terdiri dari empat komponen yang lebih dikenal dengan 4P yaitu :

1. Product (produk)

2. Price (harga)

3. Places (tempat ,termasuk ditribusi)

4. Promotion (promosi)

Untuk kali ini saya akan membahas suatu perusahaan besar yang bergerak dibidang rokok dan lainnya yang terbesar di Indonesia untuk mengetahui marketing mix 4P yaitu “PT.Sampoerna Tbk” . Perusahaan yang bergerak dibidang rokok dan tembakau ini memiliki website yang berisikan mengenai informasi produk dan juga kegiatan yang dilakukan dan informasi lainnya bagi investor dan konsumennya. Dengan adanya website ini perusahaan ini yang memiliki banyak product bisa dipasarkan serta kegiatan-kegiatan sosial yang dilakukan perusahaan dan informasi untuk investornya.



Marketing mix yang dilakukan pada perusahaan “PT.Sampoerna Tbk” ini terdiri dari empat komponen yaitu :

a) Product (produk)

Produk dari PT.sampoerna ini banyak sekali terutama produk untuk rokok kreteknya seperti mild, A mild, Dji Sam Soe dan sampoerna kretek,di websitenya lengkap denga keterangan dari produk rokok itu serta sejarah singkatnya yang detail.

b) Price (harga)

Untuk yang kedua yaitu Price atau harga dari produk yang dipasarkan. Untuk strategi harga ada dua yaitu price skimming dan market penetration. Price skimming itu sendiri adalah strategi yang digunakan oleh perusahaan dengan menetapkan harga tinggi untuk menutupi biaya pengembangan produk. Sedangkan market penetration yaitu dengan memberikan harga murah untuk menarik pelanggan sebanyak-banyaknya.

Pada website perusahaan Sampoerna ini tidak memiliki harga, karena harga yang ditetapkan berbeda-beda setiap customernya tergantung dari retaillernya,karena sampoerna bekerja sama dengan usaha-usaha kecil yang ingin membeli produknya.

c) Places (tempat)

Untuk tempat pendistribusian,dari website perusahaan sampoerna sendiri untuk saat ini perusahaan sampoerna sudah menyebarkan produknya merata di seluruh Indonesia dari bagian barat,selatan,utara maupun timur. Dan untuk produk sampoerna ini para konsumen bisa mendatangi pemberi jasa untuk mengisi tokonya dengan produk-produk dari sampoerna sebagai kerja sama sosial yang dimiliki PT.Sampoerna tbk sehingga bisa memperlancar pendistribusian produk sampoerna ke konsumen dan masyarakat luas.

d) Promotion (promosi)

Ini adalah bagian terpenting dari sebuah perusahaan,apalagi untuk perusahaan sebesar PT.Sampoerna tentu memiliki bagian marketing yang mempromosikan produknya ke masyarakat luas. Bentuk promosi bisa dilakukan dengan banyak cara bisa melalui iklan,spanduk di jalan ataupun yang lain. Kebetulan untuk perusahaan PT.Sampoerna sendiri punya cara sendiri melakukan promosi produknya dengan mensponsori banyak acara sebagai sponsor utama dari kegiatan olahraga,musik atau acara sosial lainnya. Tidak hanya menjadi sponsor acara,tapi perusahaan Samporna juga mempromosikan produknya dengan membuat iklan di TV dan memasang billboard besar di jalan-jalan protokol maupun di tempat-tempat seperti halte,stasiun maupun bandara atau gedung-gedung olahraga yang di sponsori perusahaan sampoerna.

Tentu kita semua tahu kalau setiap perusahaan memiliki pemasaran marketing yang berbeda-beda sesuai dengan isi di perusahaan dan kinerja dari perusahaan itu demi profit yang maksimal. Ini salah satu marketing mix 4P dari perusahaan “PT.Sampoerna Tbk”

Sumber :

-http://tiansp.wordpress.com/

http://www.sampoerna.com/id_id/our_products/cigarette_production/pages/cigarette_production.aspx

1 Response
  1. Info Training TMC Bandung Says:

    nice..
    http://titianmc.co.id/index.php/silabus-pelatihan

Posting Komentar

abcs