KOMPUTASI MODERN


Pada kesempatan semester terakhir ini softskill membahas tentang komputasi modern.kita tidak mungkin bisa mengetahui lebih lanjut tentang komputasi modern kalau tidak mengetahui sejarah dan dasar-dasar komputasi modern. Oleh karena itu saya berkesempatan sedikit mebahas tentang sejarah komputasi modern serta macam-macam komputasi modern......

Sebelum kita mengetahui sejarah komputasi modern,apaa sih Komputasi Modern itu ??

Semua orang tahu komputer,tapi berbeda dengan komputasi. Komputasi Modern merupakan perhitungan yang menggunakan komputer canggih dimana pada komputer tersebut tersimpan sejumlah algoritma untuk menyelesaikan masalah perhitungan secara efektif dan efisien. Komputasi merupakan subbagian dalam matematika.

Komputasi modern digunakan untuk memecahkan masalah yang ada, perhitungan komputasi modern yaitu seperti :

  • Akurasi (bit, floating point)
  • Kecepatan (dalam satuanHz)
  • Problem volume besar (paralel)
  • Modeling (NN dan GA)
  • Kompleksitas (menggunakan Teori Bog O)

v Sejarah komputasi

Setiap pembahasan materi tentu kita harus mengetahui sejaranya terlebih dahulu, sejarah komputasi modern pertama kali digagasi oleh John Von Neumann. Beliau di lahirkan di Budapest, ibukota Hungaria pada 28 Desember 1903 dengan nama Neumann Janos. Karya – karya yang dihasilkan adalah karya dalam bidang matematika, teori kuantum, game theory, fisika nuklir, dan ilmu komputer. Beliau juga merupakan salah seorang ilmuwan yang sangat berpengaruh dalam pembuatan bom atom di Los Alamos pada Perang Dunia II lalu. Kepiawaian John Von Neumann teletak pada bidang teori game yang melahirkan konsep automata, teknologi bom atom dan komputasi modern yang kemudian melahirkan komputer. Banyak tokoh yang mendukung komputasi modern ini untuk memajukan teknologi dunia.

Secara kasar, kita dapat membagi sejarah komputasi modern ke dalam era berikut:
-1970-an:Timesharing(11komputer dengan banyak pengguna)
- 1980-an: Personal komputer (1 komputer per user)
- 1990-an: Komputasi paralel (banyak komputer per user)
Sampai sekitar tahun 1980, komputer besar, mahal, dan terletak di pusat-pusat komputer,kebanyakan organisasi memiliki satu mesin besar.

v Macam –macam Komputasi Modern

Jenis Komputasi modern terbagi 3 yaitu komputasi mobile (bergerak), komputasi grid, dan komputasi cloud (awan). Masing –masing akan kita bahas sedikit pengertiannya :

1. Mobile Computing

Mobile computing (komputasi bergerak) merupakan kemajuan teknologi komputer sehingga dapat berkomunikasi menggunakan jaringan tanpa menggunakan kabel serta mudah dibawa atau berpindah tempat, tetapi berbeda dengan komputasi nirkabel. Berdasarkan penjelasan tersebut, untuk kemajuan teknologi ke arah yang lebih dinamis membutuhkan perubahan dari sisi manusia maupun alat. Contoh dari mobile computing adalah GPS, smart phone, dan sebagainya.

2. Grid Computing

Komputasi grid menggunakan komputer yang terpisah oleh geografis, didistibusikan dan terhubung oleh jaringan untuk menyelasaikan masalah komputasi skala besar.
Ada beberapa daftar yang dapat dugunakan untuk mengenali sistem komputasi grid, adalah :

· Sistem untuk koordinat sumber daya komputasi tidak dibawah kendali pusat.

· Sistem menggunakan standard dan protocol yang terbuka.

· Sistem mencoba mencapai kualitas pelayanan yang canggih, yang lebih baik diatas kualitas komponen individu pelayanan komputasi grid.

3. Cloud Computing

Komputasi cloud merupakan gaya komputasi yang terukur dinamis dan sumber daya virtual yang sering menyediakan layanan melalui internet.
Komputasi cloud menggambarkan pelengkap baru, konsumsi dan layanan IT berbasis model dalam internet, dan biasanya melibatkan ketentuan dari keterukuran dinamis dan sumber daya virtual yang sering menyediakan layanan melalui internet.

Karakteristik komputasi modern ada 3 macam yaitu :

1) Komputer penyedia sumber daya besrsifat heterogenous karena terdiri dari berbagai jenis perangkat keras, sistem operasi, serta aplikasi yang terpasang.

2) Komputer terhubung ke jaringan yang lua dengan kapasitas bandwidth yang beragam.

3) Kmputer maupun jaringan tidak terdedikasi,bisa hidup atau mati sewaktu-waktu tanpa jadwal yang jelas.

Sumber :

· http://id.wikipedia.org/wiki/Komputasi

· http://cungcurumut.blogspot.com/2011/06/komputasi-modern.html

· http://www.komputasi.lipi.go.id/utama.cqi?cetakartikel&1111718762

· http://ianspace.wordpress.com/2011/03/05/komputasi-modern/#more-459

· http://id.wikipedia.org/wiki/tekomputansi

0 Responses

Posting Komentar

abcs