KOMPUTASI MODERN DAN PARALEL PROCESSING

Mungkin sebelumnya saya sudah memposting sedikit tentang pengertian dan sejarah komputasi modern pada blog saya...

Untuk kali ini kita akan membahas tentang komputasi modern dan paralel processing serta hubungan antara komputasi dengan paralel processing itu sendiri. Mungkin sudah kita ketahui pengertian dan penjelasan komputasi pada tulisan blog saya sebelumnya. Kali ini kita akan membahas lebih lanjut mengenai kinerja komputasi tersebut dengan paralel processing.

Konsep dari pemrosesan paralel yaitu dengan penggunaan lebih dari satu CPU untuk menjalankan program secara simulasi dan membuat program berjalan lebih cepat seiring banyaknya CPU yang digunakan. Komputasi paralelsendiri adalah salah satu teknik untuk melakukan komputasi secara bersamaan dengan memanfaatkan beberapa komputer dan CPU secara bersamaan. Untuk melakukan aneka jenis komputasi paralel ini diperlukan infrastruktur mesin paralel yang terdiri dari banyak komputer yang dihubungkan dengan jaringan dan mampu bekerja secara paralel untuk menyelesaikan masalah. Pemrograman paralel adalah teknik pemrograman komputer yang memungkinkan eksekusi perintah/operasi secara bersamaan baik dalam satu komputer ataupun banyak komputer (paralel). Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan performa komputasi,semakin banyak yang bisa dilakukan secara bersamaan semakin banyak pekerjaan yang bisa diselesaikan.

Komputasi paralel membutuhkan :

· Algoritma

· Bahasa pemrograman

· Compiler

Berikut ini adalah gambar perbedaan antara komputasi tunggal dengan paalel komputasi :

a. Komputasi Tunggal/serial

b. Komputasi parallel

Untuk hubungan komputasi modern dengan paralel processing itu sendiri merupakan hubungan yang saling terkait. Hubungan yang paling mencolok adalah penggunaan komputer yang dianggap lebih cepat dibandingkan dengan penyelesaian masalah secara manual. oleh karena itu peningkatan kinerja terus diterapkan dengan cara meningkatkan kecepatan perangkat keras yaitu processor. Waktu idle siklus processor di seluruh jaringan dapat digunakansecara efektif oleh perangkat keras yang canggih. Pengolahan paralel istilah digunakan untuk mewakili kelas besar teknik yang digunakan untuk memberikan tugas pengolahan simultan data untuk tujuan meningkatkan kecepatan komputasi dari sistem komputer. Ada keuntungan dan kekurangan dari hubungan komputasi modern dan paralel processing yaitu :

a) Keuntungan

· Waktu eksekusi lebih cepat, throughput jadi lebih tinggi

b) Kekurangan

· Perangkat keras lainnya yang dibutuhkan, kebutuhan daya juga lebih tinggi. Tidak baik untuk daya rendah dan perangkat mobile

Sehingga dikarenakan adanya keuntungan dan kemampuan dari parallel processing maka dianggap paralel processing adalah salah satu teknik komputasi modern.

Sumber :

§ http://www.scribd.com/doc/32982265/Parallel-Processing

§ http://ineucute.wordpress.com/2011/04/01/kinerja-komputasi-dengan-paralel-processing/

§ http://strawberry-mucha.blogspot.com/2012/03/komputasi-modern-paralel-processing.html

§ http://wikipedia.komputasimodern-paralelprocessing

0 Responses

Posting Komentar

abcs