CARA KERJA MONITOR

Hampir setiap hari kita melihat televisi,main game dan memandang layer monitor computer hampir setiap hari. Mungkin banyak yang tidak tahu bagaimana cara kerja monitor yang hampir setiap hari kita lihat,bagaimana cara monitor itu mengahasilkan segitu banyak warna yang selalu kita lihat di layer monitor televise atau computer?? Di sini saya akan membahas sedikit tentang bagaimana cara kerja monitor itu.

Sedikit memberi tahu aja sebenarnya apa sih monitor itu?monitor adalah sebuah perangkat keras yang dapat menyajikan gamabar yang bisa dilihat oleh pengguna komputer/televisi supaya bisa tahu apa sih yang lagi dikerjain sama layar monitor,monitor juga peranti output.Dari berbagai jenisnya monitor banyak bentuk dan jenisnya,kalau kita tahu bentuk dan jenis monitor berarti kita udah mengenak resolusi yang ada di dalam monitor itu,misalnya sebuah monitor memiliki resolusi 1024x846,angka-angka tersebut mewakili jumlah pixel yang ada di monitor. Pixel adalah titik-titik kecil yang membentuk gambar yang ditampilkan dalam monitor, kependekan dari “picture elements”. Semakin tinggi resolusi monitor, detail gambar yang terlihat akan semakin detail.Warna-warna yang dihasilkan bisa memiliki warna dasar pada sebuah monitor dan sebenarnya warna yang dihasilkan adalah tergantung pada sudut refleksi.

Sekarang kita bahas Gimana sih cara kerja monitor?? Sebenarnya Prinsip kerja monitor konvensional yaitu monitor CRT (Cathode Ray Tube), sama dengan prinsip kerja televisi yang berbasis CRT. Elektron ditembakkan dari belakang tabung gambar menuju bagian dalam tabung yang dilapis elemen yang terbuat dari bagian yang memiliki kemampuan untuk memendarkan cahaya. Sinar elektron tersebut melewati serangkaian magnet kuat yang membelok-belokkan sinar menuju bagian-bagian tertentu dari tabung bagian dalam.

Namun hampir semua barang memiliki pengaruh buruk,salah satunya teknologi monitor dengan tabung CRT ini ditengarai memiliki banyak pengaruh buruk bagi kesehatan penggunanya. Sejumlah riset mengindikasikan bahwa ekspos berlebihan monitor pada mata dapat menyebabkan penurunan kualitas penglihatan. Hal ini disebabkan oleh radiasi sinar elektron pada tabung gambar monitor atau televisi tabung.

Seiringnya zaman yang makin berkembang dengan kemajuan teknologi manusia menemukan teknologi baru yang siap menggantikan tabung gambar sebagai alat tampilan visual agar bisa sedikit mengurangi pengaruh buruk yaitu teknologi LCD (Liquid Crystal Display), yang memungkinkan perampingan dimensi dan pemangkasan bobot peranti display monitor. Selain itu, teknologi yang satu ini disebut-sebut akrab bagi kesehatan penggunanya.

Nah sekarang ini sedikit kita sudah bisa mengerti apa itu monitor dan bagaimana cara kerja monitor serta pengaruh-pengaruh baik dan buruk yang ada di cara kerja monitor,mungkin cuman sedikit yang bisa diberitahukan oleh saya,mungkin buat kedepannya tulisan ini akan dilengkapi dengan sumber-sumber yang lebih lengkap.

Source :

0 Responses

Poskan Komentar

abcs