VSAT (Desaign Network)

Mungkin kata VSAT kurang diketahui untuk kalangan orang biasa,tapi untuk kalangan Ilmu Komputer VSAT merupakan hal yang sering didengar apalagi untuk orang yang bekerja dibidang teknologi Informatika .

Sedikit dibahas di blog saya yaitu tentang VSAT. Apa sih VSAT?? VSAT merupakan kepanjangan dari Very Small Aperture Terminal adalah stasiun penerima sinyal dari satelit dengan antena penerima berbentuk piringan dengan diameter kurang dari tiga meter. Vsat merupakan jasa layanan penyediaan fasilitas telekomunikasi untuk menghubungkan satu terminal dengan terminal lainnya dengan konfigurasi point to point atau point to multipoint secara permanen dengan transmisi satelit berbasis teknologi digital. Sebenarnya fungsi utama dari VSAT itu sendiri menurut yang saya baca dari sumber-sumber yang ada untuk menerima dan mengirim data ke satelit. Nah ini yang biasa orang lakukan untuk kantor kantor perusahaan besar apalagi yang bekerja di bidang teknolgi Informatika,.

Sebenernya ada kekurangan dan kelebihannya dari VSAT ini.yahh namanya teknologi pasti ada kekurangan dan kelebihannya lahh.kekurangannya Koneksinya rentan terhadap gangguan cuaca (terhadap molekul air), Memakan tempat, terutama untuk piringannya dan Latency yang lebih tinggi di bandingkan kabel. Tapi kelebihan dari VSAT ini banyak dan salah satunya adalah Koneksi dimana saja. Tidak perlu LOS dan tidak ada masalah dengan jarak,Jangkauan cakupannya yang luas baik nasional, regional maupun global,Pembangunan infrastrukturnya relatif cepat untuk daerah yang luas, dibanding teresterial dan jika ke internet jaringan akses langsung ke ISP router dengan keandalannya mendekati 100%.

VSAT sendiri juga memiliki struktur jaringannya sendiri yaitu :

1. Ground Segment (Segmen Bumi)

  • Hub Station / Master Earth Station
  • Network Management System(NMS).
  • Remote Earth Station

2. Space Segment (Segmen Angkasa)

· Transponder Satelit

Ini ada sedikit gambar struktur jaringan VSAT :

Mungkin cuman sedikit ngebahasnya disini tapi bakalan kita lanjutin lagi nanti yahhh,hehehe..maaf nihh kalau infonya kurang akurat dan jelas,karena kita sendiri juga masih mempelajarinya tapi lumyanlah buat pengetahuan apalagi untuk bekal kita nanti di dunia luar yaitu perkantoran,hehehe.

1 Response
  1. Unknown Says:

    informasi nya lengkap dan informatif banget bahasanya. bagus untuk refrensi bacaan
    Jasa Pembuatan Website

Posting Komentar

abcs