Perlu Ada Sistem Keamanan Firewall??


Mungkin banyak yang kurang tahu mengenai firewall,apa sih firewall itu??mungkin saya sendiri juga belom begitu memahaminya,tapi karena saya kuliah di bagian Teknik Informatika saya jadi sedikit mengetahuinya,dan saya akan membahas sedikit tentang firewall.

Bagi yang sudah pernah bekerja di perusahaan yang besar dan browse internet di tempat kerja, anda mungkin sudah mendengar istilah firewall. Sebagain contohnya, anda sering mendengar orang bilang, “Saya tidak bisa ke situs itu sebab mereka tidak mengijinkan melalui firewall. Sebenarnya firewall merupakan suatu system keamanan pada computer. Dengan menggunakan firewall anda bisa melindungi network perumahan dan perusahaan besar dari serangan situs web dan gangguan para hacker yang ingin mengetahui system dan document dalam computer anda.


Firewall adalah melindungi jaringan dan sekaligus melindungi komputer di dalam jaringan tersebut. Jadi keberadaan firewall merupakan penting bagi jaringan anda atau dalam sebuah perusahaan yang anda miliki apalagi perusahaan anda memiliki data pribadi yang bersifat rahasia. Firewall bisa memblok koneksi dari jaringan atau IP tertentu. Selain itu mekanisme filter juga memudahkan kita dalam mensetting Firewall sehingga lebih fleksible dalam pengaksesan. Secara visual user akan diberikan notifikasi jika terjadi akses dari luar atau akses dari dalam ke luar. Kita bisa menentukan apakah kita mengijinkan akses ini.

Cara kerja firewall cukup sederhana yaitu ketika ada paket data yang masuk ke jaringan atau computer si firewall akan mengecek header dari paket tersebut dan firewall bisa menentukan apakah paket data bisa diteruskan atau tidak apabila tidak firewall akan memblokir data tersebut untuk masuk ke jaringan atau computer anda.sedangkan apabila ada paket data keluar firewall akan bisa mengecek berdasarkan IP dan conten,Disini firewall memiliki aturan untuk memfilter permintaan seperti ini.

Keliahatannya sistem keamanan computer seperti firewall ini bisa menjadi alternative untuk keamanan jaringan dan computer kita apalagi untuk orang yang bekerja sebagai jaringan dalam sebuah perusahaan.

Source :

http://www.bswebhost.com/2008/11/apa-itu-firewall/

1 Response
  1. Unknown Says:

    Hallo kita ada juga nih artikel tentang 'Firewall' silahkan kunjungi dan dibaca. Ini linknya;
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/4954/1/Presentasi%20PI.pdf
    Thank you.
    Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

abcs